Gangguan Kejiwaan Oedipus Complex

Mungkin kita sering mendengar istilah Oedipus Complex, tetapi belum mengetahui secara lebih pasti mengenai pegertiannya lebih dalam lagi. Di dalam pemberitaan yang banyak terdapat di televisi, kita sering mendengar kisah seorang pria yang menyukai wanita yang lebih tua dengan perbedaaan umur sangat jauh diatasnya, namun kita belum dapat memastikannya apakah perilaku tersebut masuk ke dalam kategori penderita Oedipus Complex atau tidak, maka di sini saya akan mencoba untuk mengangkat topik Oedipus Complex sebagai tema utama, agar semua pertanyaan – pertanyaan yang ada dalam benak kita selama ini dapat menemukan jawabannya dan tidak ada lagi salah pengertian dari makna yang sebenarnya dalam istilah Oedipus Complex ini.

Definisi Oedipus Complex


Oedipus Complex adalah sebutan untuk seorang anak lelaki yang mempunyai hasrat seksual yang besar terhadap ibunya dan merasa cemburu terhadap ayahnya sendiri. Istilah Oedipus Complex diambil dari sebuah legenda di Yunani, legenda Oedipus, seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya, setelah ia membunuh ayahnya. Pertama kali istilah ini digunakan oleh Sigmund Freud, seorang psikiatris kawakan dari Austria pada akhir tahun 1800-an.




Oedipus Complex dalam aliran psikoanalisis Sigmund Freud merujuk pada suatu tahapan perkembangan psikoseksual di masa anak-anak saat anak dari jenis kelamin laki - laki menganggap ayah mereka sebagai musuh dan saingan dalam meraih cinta yang eksklusif dari ibunya.

Penderita Oedipus Complex pada saat masa kecilnya berusaha untuk menahan hasrat seksualnya terhadap sang ibu dan perasaan cemburu terhadap sang ayah. Akibatnya anak tersebut mempunyai perasaan bersalah yang berlebihan dan mengalami konflik emosional sampai ia dewasa.

Faktor Pemicu Timbulnya Gangguan Oedipus Complex

Oedipus kompleks terjadi karena faktor kejiwaan yang didapatkan sejak dari masa kecil, seperti contohnya terlalu dekat atau terlalu dilindungi oleh ibunya.

Ciri – ciri seorang lelaki penderita Sindrom Oedipus Complex :

Maksud dari Sindrom Oedipus Complex di sini adalah pengaruh lanjutan yang di timbulkan dari konflik emosional yang dialaminya pada masa kecil terhadap ibunya dan membawa pengaruh yang berkepanjangan dalam kehidupannya hingga dewasa.

Ciri – cirinya antara lain :

1. Selalu tertarik dengan wanita yang lebih tua dan seumuran ibunya.

2. Selalu bergantung pada orang lain ( termasuk dalam materi ).

3. Tidak bisa mengambil keputusan sendiri, senang dimanja, dan disayangi.

Sumber :

http://cyberman.cbn.net.id/cbprtl/common/stofriend.aspx?x=lifestyle&y=cyberman|0|0|4|998

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

16 Response to "Gangguan Kejiwaan Oedipus Complex"

  1. Dhany Efita says:
    21 Agustus 2012 pukul 14.03

    Trmksh inf0nya sist. .
    Kr2 pndrita odipusc0mplex bs smbuh gak?

  2. Unknown says:
    17 Februari 2013 pukul 02.16

    Saya suka dgn wanita yg lebih tua dari saya, dan sangat tertarik dgn tante" yg cantik dan juga seksi. Tapi saya tdk punya hasrat dgn ibu saya sendiri, apa saya termaksud oedipus compleks.....?? Lalu apa ini berbahaya tuk jiwa saya....??

  3. Intan says:
    7 Desember 2013 pukul 15.19

    Klw beda usia cm 1-5 thun, apa itu termasuk dalam gol. Oedipus complex?

  4. Unknown says:
    15 April 2015 pukul 21.08

    saya mau tanya... ini menygutip dari buku apa ya? tentang ciri-ciri oedipus kompleks,, makasih

  5. Unknown says:
    29 April 2016 pukul 22.00

    Saya juag knp suka wanita lebih tua dr pad saya...??

  6. Unknown says:
    29 April 2016 pukul 22.00

    Saya juag knp suka wanita lebih tua dr pad saya...??

  7. Unknown says:
    5 Desember 2016 pukul 18.52

    kirain maen bola GOL.
    😉

  8. Unknown says:
    5 Desember 2016 pukul 18.53

    Alhamdulillah msh nirmal bro n sis
    drpd suka sesama jenis
    ngeriiiii

  9. Unknown says:
    5 Desember 2016 pukul 18.54

    NORMAL maksud sy

  10. Unknown says:
    5 Desember 2016 pukul 18.54

    NORMAL maksud sy

  11. Unknown says:
    5 Desember 2016 pukul 18.54

    Alhamdulillah msh nirmal bro n sis
    drpd suka sesama jenis
    ngeriiiii

  12. vanilla says:
    27 Februari 2018 pukul 20.13

    saya memiliki pacar yg beda usia 10 tahun lebih muda dari saya dan sangat possesive, apakah itu juga ciri oedipus complex? thanks

  13. Unknown says:
    18 Februari 2019 pukul 06.21

    Pcrku lbh muda dr saya...sktr 15 thn.. Dia gila kerja wa saya hy skli2 ktmu hy smggu skli..apkh ini jg trmsuk oedipus?

  14. Unknown says:
    31 Agustus 2019 pukul 10.44

    Saya sejak dulu suka dengan wanita yg lebih tua..dan orang nya pun tidak berubah sampai sekarang tetApp yg dulu juga..kapan ya saya bisa jdi suami beliau..oh mungkin hanya akan jadi mimpi..SA love

  15. Asad udiin says:
    19 Januari 2021 pukul 07.21

    Hasrat cinta lawan jenis yg lebih tua itu adalah rasa dan normal. Tapi bukan kategori oedipus complex. Sebab latar blakang munculnya teori oedipus comlex agak rancu nan diluar ajaran agama.

  16. Unknown says:
    28 Maret 2021 pukul 13.20

    Cara menyembuhkan penyakit oedipus complex gimna yaa mohon infonya 😇🙏🙏

Posting Komentar