Pentingnya Bersopan Santun Dalam Kehidupan Bersosialisasi Dengan Orang Sehari – Hari

Mendengar kata sopan santun, sungguhlah topik yang amat menarik untuk dijadikan pokok bahasan dalm tulisan sebuah artikel, hal ini tak lain karena sopan santun tidak lepas dalam kehidupan kita sehari – hari serta merupakan suatu perilaku yang sangat baik untuk kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Seperti yang diketahui, berdasarkan penuturan Marie Jahoda, seseorang dapat dikatakan memiliki kesehatan mental apabila memiliki kemampuan untuk menguasai lingkungan dan berintegrasi secara baik dengannya, dengan demikian untuk mecapai pemenuhan seperti yang telah disebutkan maka diperlukan suatu tingkah laku yang dapat digunakan sebagai perangkat untuk memenuhi syarat tersebut yaitu sopan santun.

Pada kesempatan penulisan artikel kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan opini atau pendapat mengenai pentingnya bersopan santun dalam kehidupan sosial sehari – hari.

Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari – hari setiap orang, karena dengan menunjukkan sikap sopan santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaannya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma – norma / etika – etika dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Jika ditilik dari asal katanya, sopan santun berarti peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari – hari masyarakat tersebut. Setelah kita membaca pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sikap sopan santun patutlah dilakukan dimana saja tempat kita berada, sesuai dengan kebutuhan lingkungan, tempat, dan waktu karena sopan santun bersifat relatif dimana yang dianggap sebagai norma sopan santun berbeda – beda di setiap tempatnya, seperti sopan santun dalam lingkungan rumah, sekolah, kampus, pergaulan, dan lain sebagainya. Hal tersebut kita lakukan agar dimanapun tempat kita berada, kita akan selalu dihormati, dihargai, dan disenangi keberadaan kita oleh orang lainnya.

Setelah membaca keterangan di atas, maka dapat diketahui bahwa sopan santun haruslah diterapkan dimana pun saat itu kita berada yang sesuai dengan tuntutan lingkungan kita berada. Seperti contohnya di dalam lingkungan rumah baik di dalam maupun di luar lingkungan rumah, maka sopan santun yang harus diwujudkan antara lain :

1. Menghormati orang tua, seperti bertingkah laku yang baik, berbicara dengan lemah lembut, berkata jujur, tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti perasaannya seperti suka membohong, tidak menuruti perintah / melanggar peraturannya, dan selalu mendengarkan segala nasihatnya. Hal tersebut harus kita jalani, karena sebagai anak, seseorang yang harus kita jadikan unsur utama dalam penerapan sopan santun ialah orang tua, selain beliau merupakan orang yang amat berjasa dalam perjalanan kehidupan kita, orang tua juga telah memberikan begitu banyak pengorbanannya agar dapat membesarkan kita hingga saat ini, maka orang tua sudah sepatutnya dihormati agar ia juga dapat merasakan kebahagiaan dan kegembiraan dengan adanya keberadaan kita di sampingnya.

2. Menyayangi adik, kakak, saudara, dan seluruh keluarga dengan cara bertutur kata yang baik, tidak berkata kasar dan sombong, tidak mencemooh, saling membantu, dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga. Hal tersebut kita lakukan karena anggota keluarga merupakan bagian dari darah daging kita yang harus selalu kita hargai keberadaannya agar hubungan harmonis, serasi, selaras, dan seimbang akan selalu terjaga di dalamnya.

3. Menghormati para tetangga yang berada di sekitar rumah dengan sering bertegur sapa ketika saling bertemu, tidak saling menjatuhkan / mencemarkan nama baik, tidak berbicara kasar, dan saling tolong menolong disaat sedang ada yang membutuhkannya. Hal tersebut kita lakukan karena tetangga merupakan orang – orang yang tinggal dekat dengan kita serta selalu hidup berdampingan dengan kita, maka kehidupan dan hubungan harmonis haruslah selalu terjaga agar tidak terjadi suatu perselisihan ataupun pertentangan yang akan menimbulkan perpecahan dan akan menghancurkan keharmonisan di dalam kehidupan bertetangga yang akan menimbulkan kesengsaraan bagi diri kita sendiri.

Setelah itu saya akan menjelasakan mengenai contoh – contoh sopan santun di dalam lingkungan tempat menimba ilmu yakni sekolah atau kampus.

1. Menjaga tingkah laku, seperti berperilaku baik dan terpuji, menghormati guru / dosen, menghargai teman, mendengarkan perintah guru / dosen, mematuhi peraturan sekolah / kampus, dan tidak melakukan perbuatan – perbuatan yang bertentangan dengan kehidupan di dalam sekolah / kampus. Hal tersebut harus kita laksanakan karena selain sekolah / kampus merupakan tempat kita mencari ilmu yang memiliki beraneka ragam bentuk aturan untuk dipatuhi yang akan berguna untuk membentuk karakter serta jati diri, sekolah / kampus juga merupakan tempat dari orang yang banyak disebut sebagai orang tua kedua kita yyakni guru / dosen yang sepatutnya harus selalu kita hormati keberadaannya yang telah memberikan begitu banyak jasa kepada diri kita.

2. Menjaga kebersihan sekolah / kampus serta berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah / kampus. Hal tersebut dilakukan karena dengan menjalankan perbuatan tersebut, akan menumbuhkan rasa persatuan serta kekeluargaan diantara sesama peserta didik dalam lingkungan sekolah maupun kampus.

Selanjutnya akan saya jelasakan beberapa contoh sopan santun di dalam lingkungan pergaulan sehari – hari.

1. Bertutur kata yang baik dengan teman agar tidak menyinggung perasaannya, karena dengan bertutur kata yang baik kita dapat menjaga hubungan yang baik dengannya.

2. Tidak membicarakan tentang kejelakan / keburukan teman kepada orang lain dengan maksud menjatuhkan / mencemarkan nama baiknya, karena hal tersebut dapat memicu timbulnya perselisihan yang akan menimbulkan gangguan dalam keharmonisan hubungan pertemanan.


3. Berkata jujur, karena dengan berkata jujur maka orang lain akan senantiasa mempercayai kita dan keharmonisan kehidupan pertemanan / persahabatan akan tetap terjaga dengan baik.

Demikian beberapa contoh perbuatan tingkah laku yang dapat saya berikan. Selanjutnya akan saya jelaskan beberapa manfaat dari perilaku sopan santun yang kita lakukan bagi diri sendiri maupun orang lain.

A. Manfaat sopan santun bagi diri sendiri :

1. Dapat dihargai, dihormati, dan disenangi oleh banyak orang dimanapun tempat kita berada.

2. Dapat memupuk rasa persaudaraan, pertemanan, serta persahabatan.

3. Mendapat kepercayaan dari orang lain.

4. Mendapatkan penilaian yang positif karena melakukan perbuatan yang baik dari orang lain, sehingga orang lain pun akan bertingkah laku baik pula terhadap diri kita.

5. Dapat menghindari perselisihan, pertentangan, dan permusuhan dengan orang lain.

6. Menjaga hubungan baik dan harmonis dengan orang yang berada di sekitar kita.

B. Manfaat sopan santun bagi orang lain :

1. Akan merasa dihargai dan dihormati oleh orang lain.

2. Memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan.

3. Dapat membina dan menjaga hubungan baik.

4. Dapat meringankan bebannya apabila sering diberikan pertolongan dari orang lain.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga membawa manfaat bagi kita semua. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "Pentingnya Bersopan Santun Dalam Kehidupan Bersosialisasi Dengan Orang Sehari – Hari"

  1. Acid says:
    30 November 2009 07.02

    Wah...blognya keren juga nih....kamu anak gundar yah ? blog kamu udah di daftarin lomba blog bulanan di Gunadarma ? kalo belum, cepetan daftar di Studentsite. Syaratnya gampang ko, coba kamu cek di TULISAN INI untuk informasi lebih lanjut. Silahkan gunakan Yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan situs tersebut untuk bertanya hal - hal seputar blog.

    Follow Back yach.. ;)

    BAPSI

  2. Welcome To Alzena's Blog says:
    17 Desember 2009 23.27

    Oya? Masa sich? Terima kasih banget nich sebelumya atas kesan dan masukannya.Hmm..klo ikutan lomba blog sich belum, msh blum pede aja, mngkin di lain wktu klo udah pny persiapan yang bnyk bleh jg ikut lomba itu. Emang Acid udah ikut ? apa aja nieh hadiahnya ? *hehe..ikut aja blum udah pengen hadiahnya aja *^_^*

Poskan Komentar